Bisnis Digital event

Kuliah Pakar “Market Research Strategies in Digital Business: Unleashing the Power of Data-driven Decision Making”

Kuliah pakar dalam bisnis digital memiliki banyak manfaat dan relevansi untuk mahasiswa yang ingin memulai bisnis maupun sebagai entrepreneur consultan.  Melalui kuliah pakar dalam kewirausahaan, mahasiswa akan mempelajari analisis pasar dan tren industri terkini. Tujuannya mahasiswa akan memahami bagaimana melihat peluang bisnis, menganalisis pesaing, dan mengidentifikasi segmen pasar yang potensial. Ilmu ini akan membantu mahasiswa mengembangkan ide bisnis yang relevan dengan kebutuhan pasar dan menghadapi persaingan yang ada. Selain itu bisnis ini dapat membantu menentukan model pasar apa yang akan dianalisa dalam mengembangkan segmen pasar.

Kuliah Pakar ke-1 ini telah diikuti mahasiswa Universitas dr. Soebandi khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2023 yang dilakukan secara daring. Kegiatan kuliah pakar  ini diisi oleh pemateri yang ahli di bidang market research, yaitu Bapak Ardiansyah Muhammad, S.Si., M.M. selaku founder dan CEO dari TemanRisetku dan statistican dari Upwork Inc. Berdasarkan latar belakang tersebut, tema materi kuliah yang diberikan yaitu “Market Research Strategies in Digital Business: Unleashing the Power of Data-driven Decision Making” yang merupakan salah satu pengaplikasian materi dari mata kuliah SCM dan Pemasaran Digital. Kegiatan kuliah pakar ini dipandu oleh moderator Khoirunnisa Afandi, S.Kom., M.Kom. yang juga merupakan dosen Prodi Bisnis Digital Universitas dr. Soebandi dan dihadiri oleh Ibu Endang Lifchatullaillah, S.E., M.M. selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas dr. Soebandi.

Pada saat pemaparan materi, Bapak Ardiansyah Muhammad, S.Si., M.M. menjelaskan bahwa market research adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan informasi tentang pasar, pelanggan dan pesaing. Tujuannya agar dapat memahami dinamika pasar, mengidentifikasi peluang bisnis serta memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Kesimpulannya menurut beliau, market research merupakan sesuatu yang penting dilakukan karena research adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kita. Setiap hari kita sudah mencari harga-harga yang murah dipasar. Sehingga kita sudah bisa menyelesaikan masalah yang kita alami.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *